admin

Kuliah Umum Bdp Fpik: Jelajahi Peran Bpbl Ambon Dalam Perkembangan Teknologi Budidaya Di Maluku.

22 May 2024 - 14:09 WIT ( Admin )

Ambon - Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura bersama Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Peran BPBL Ambon dalam Perkembangan Teknologi Budidaya di Maluku” pada Rabu, 22 Mei 2024 di ruang seminar, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Kegiatan ini dihadiri oleh 55 orang peserta yang terdiri dari pimpinan jurusan dan fakultas, dosen dan staf serta mahasiswa. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Dekan FKIP Bapak Dr. Y. Lopulalan, S.Pi., M.Si.

“Kuliah umum ini merupakan kesempatan emas bagi rekan-rekan mahasiswa untuk melihat peluang kolaborasi untuk melakukan praktek maupun penelitian serta mempelajari penerapan teknologi yang telah dikembangkan di BPBL” Ujar Dekap FPIK dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan kuliah umum.

Jacqueline MF Sahetapy, S.PI., M.Si selaku Ketua Jurusan Budidaya Perairan mengungkapkan bahwa  dengan diadakan kuliah umum ini, diharapkan dapat memperkuat kolaborasi stakeholder, memperluas kesempatan kolaborasi penelitian dosen-mahasiswa maupun praktek ketrampilan mahasiswa. Beliau berharap partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa maupun akademisi terkait perkembangan teknologi budidaya yang telah diterapkan di BPBL Ambon.  BPBL merupakan salah satu Lembaga Kementerian yang telah lama menjadi mitra kolaborasi dengan jurusan Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Staf BPBL sebelumnya telah dilibatkan dalam kegiatan akademik, baik dalam program praktisi mengajar termasuk pembimbingan praktek ketrampilan dan penelitian mahasiswa. 

Pada sesi materi, Bpk. Sarwono, S.St.Pi selaku kepala Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon memaparkan tentang status perikanan budidaya Indonesia, dimana Indonesia merupakan produsen akuakultur terbesar ke-2 dunia setelah cina, produksi perikanan budidaya di Provinsi Maluku,  dukungan Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon dalam pengembangan Budidaya Laut, Pesisir dan Air tawar yang berkelanjutan, serta komoditas-komoditas unggulan air laut yang telah dan akan  dikembangan. “Perkembangan budidaya 20 tahun ke depan, sangat bergantung dari keseriusan rekan-rekan mahasiswa saat ini” ujar Bpk. Sarwono.

Selain pemaparan materi, kuliah umum ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi secara langsung melalui sesi tanya jawab dengan pemateri. Respons Kegiatan kemudian diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan cinderamata kepada narasumber serta sesi foto bersama.