admin

Yudisium Fpik Universitas Pattimura, Luluskan 80 Sarjana Perikanan Dan Sarjana Sains

19 August 2024 - 16:09 WIT ( Admin )

Ambon - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pattimura menyelenggarakan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa, dalam rangka Yudisium dan Penggelaran Sarjana II Periode April – Agustus 2024. Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota senat, dosen, tenaga kepegawaian dan orang tua dari 80 mahasiswa dan mahasiswi peserta yudisium.

Acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Dekan tentang lulusan terbaik dengan predikat Cumlaude, dan dilanjutkan dengan penyerahan surat keterangan lulus oleh Ketua Jurusan dan Dekan kepada 80 lulusan. Terdapat 12 lulusan dengan predikat Cumlaude. Distribusi lulusan dari 6 Jurusan/Program studi dalam lingkup FPIK untuk periode ini antara lain; 12 lulusan dari Jurusan/Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), 17 lulusan dari Jurusan/Program Studi Ilmu Kelautan (IK), 5 lulusan dari Jurusan/Program Studi Budidaya Perairan (BDP), 10 lulusan dari Jurusan/Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (PSP), 5 lulusan dari Jurusan/Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP), dan 31 lulusan dari Jurusan/Program Studi Agribisnis Perikanan (AGP). Acara dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan oleh Radi Noija, salah satu lulusan dengan predikat Cumlaude sekaligus mewakili semua lulusan. Ucapan terima kasih yang ditujukan kepada orang tua, dosen, dan teman-teman yang mengiringi proses tidak henti diucapkan oleh para lulusan dan diakhiri dengan dengan penyerahan bunga kepada orang tua maupun dosen.

 Acara kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Yoisye Lopulalan, S.Pi., M.Si. dalam sambutannya, Dekan FPIK memaparkan capaian dan prestasi yang telah dicapai oleh dosen-dosen dalam lingkup FPIK yang menjadikan fakultas ini unggul, sekaligus meyakinkan kepada orang tua lulusan yang hadir bahwa Keputusan mereka untuk mempercayakan anak mereka di FPIK merupakan Keputusan yang tepat”. 

“Perikanan memiliki potensi yang besar, sehingga membutuhkan banyak orang dengan kemampuan untuk mengelola dan pemanfaatan potensi yang besar itu, jangan hanya berfokus untuk menjadi PNS, itu adalah pola pikir yang kuno, sudah saatnya kalian mengembangkan ilmu dan menciptakan lapangan kerja sendiri dengan ilmu yang telah kalian peroleh” demikian sambutan kedua dari Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Dominggus Male, S.Pt., M.Sc. selanjutnya disampaikan juga peluang beasiswa bagi lulusan yang berminat melanjutkan studi ke jenjang magister melalui program beasiswa LPDP, maupun jalur-jalur beasiswa lainnya. Belaiu berharap, ke-80 lulusan ini tidak lelah dan berhenti untuk terus mengembangkan kapasitas diri.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang IV Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dr. Ruslan H. S. Tawari, M.Si sekaligus sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bawa pentingnya menjalin relasi dan komunikasi meskipun telah menyelesaikan jenjang perkuliahan, oleh karena itu, diharapkan 80 lulusan ini dapat bergabung dalam panitia penyelenggaraan temu alumni FPIK yang akan dilaksanakan. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama lulusan , senat, dosen FPIK Unpatti. Seluruh Peserta yudisium saat ini akan menjadi bagian dari prosesi wisuda yang akan digelar pada 29 Agustus 2024 mendatang.